REVIEW FILM - PK (BOLLYWOOD)

/ Kamis, 07 April 2016 /




Judul     :  PK
Tema     :  Ketuhanan
Durasi   :  153 menit
Asal       :  India
Genre    :  Drama, Fantasi, Fiksi ilmiah, Komedi

PK adalah film yang dibintangi oleh Aamir Khan dan dirilis pada tahun 2014 di India. Selain dipandang sebagai film yang fenomenal, ternyata film tersebut mengundang pula banyak kritik karena alur cerita yang cukup kontroversial dan dianggap menghina kebudayaan serta praktik banyak agama. Namun jika kita kesampingkan unsur-unsur tersebut, film ini sangatlah mudah dinikmati dan menghibur.

Berawal dari kedatangan pemeran utama (Aamir Khan) ke Bumi, ia adalah mahluk asing (alien) yang tidak memiliki identitas, pakaian, harta, bahkan tidak bisa berbicara bahasa manusia. Saat pertama kali ia bertemu dengan penduduk, benda berharga yang ia miliki dicuri dan menyebabkan ia tidak bisa pulang ke tempat asalnya. Namun si alien tidak putus asa dan menggunakan kepintarannya untuk bertahan hidup dan mencari kembali barang berharganya tersebut.


Di tengah perjalanan dalam mencari jejak si pencuri, si pemeran utama mempelajari banyak hal tentang kebudayaan manusia dan mencoba untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya. Dan seiring waktu berjalan, si pemeran utama mendapatkan julukan 'PK' karena kasus-kasus konyol yang ia buat untuk bertahan hidup.

Tak sengaja di suatu tempat ia bertemu dengan seorang reporter wanita bernama 'Jaggu' yang tertarik dengan penampilan uniknya. Awalnya Jaggu tidak percaya dengan semua kisah PK setelah diwawancarai, namun PK membuktikan ceritanya tersebut dengan hal-hal luar biasa yang membuat Jaggu terkagum-kagum. Begitulah awal mula PK dan Jaggu bekerja sama untuk membantunya dalam mencari pencuri benda berharganya yang disebut sebagai remote kontrol.


Kepada Jaggu ia menceritakan banyak hal yang ia lalui demi mendapatkan remote kontrolnya kembali. PK memberitahu bahwa ia sedang mencari pertolongan Tuhan agar doanya terkabulkan. Namun tak semudah itu, karena beragam agama yang PK ketahui ternyata memiliki Tuhan yang berbeda, ia menjalani semua praktik ibadah itu setiap hari dan menunggu dengan sabar balasan salah satu Tuhan dari agama-agama tersebut.

Dan mukjizat pun datang kepada PK di suatu hari setelah ia bekerja sama dengan Jaggu. Ia menemukan kembali remote kontrolnya di tangan orang lain yang diketahui oleh banyak orang sebagai 'utusan Tuhan' dari agama yang sesat. Setelah berbagai cara ia hadapi demi kepulangannya tersebut, akhirnya ia mendapatkan kembali remote kontrolnya dan tak sengaja membantu Jaggu dalam mempertemukannya dengan cinta sejati masa lalunya yang berbeda keyakinan, lelaki itu bernama Sarfaraz.


Setelah urusan PK selesai di Bumi, Jaggu mengantarnya ke tempat pertama kali ia menjejak bumi. Dan disitu ia tersadar akan perasaan PK selama ini kepadanya setelah kepulangannya. Karena rasa terima kasihnya selama ini, Jaggu pun menebus semuanya dengan kesuksesan ia sebagai penulis kisah cerita 'PK' selang beberapa tahun kemudian. Dan di akhir film, tampak PK kembali ke bumi dengan mengundang kawan-kawannya untuk berlibur.

Meskipun tema Ketuhanan di film ini tidak begitu kental karena tidak fokus pada satu agama, makna yang terkandung di film ini adalah kekuatan 'doa' yang membawa mukjizat bagi siapapun yang berniat baik dan berusaha demi mencapai sesuatu. -End

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Rufi Imanisa, All rights reserved
Design by Rufimns. Powered by Blogger