Kesulitan Dalam Pembuatan Film

/ Rabu, 25 Mei 2016 /


TEMA :
Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia

DURASI :
6 Menit 10 Detik

OLEH :
- Rufi Imanisa sebagai Script Editor, Video Editor, Director & Music Editor
- Ahmad Susanto sebagai Script Supervisor, Casting Assistant, Camera Operator
- Bayu Firmansyah sebagai Assistant Director, Photographer, Casting Director

***

I - TENTANG NASKAH & KONSEP

Awalnya saya menyarankan konsep yang lebih kompleks karena ingin lebih maksimal dalam mengerjakan tugasnya, namun karena keterbatasan waktu akibat tugas-tugas yang menurut saya lebih harus diprioritaskan, maka kami memutuskan untuk memakai konsep yang lebih sederhana dan sudah biasa.

Khusus materi dan pertanyaan untuk interview, saya dibantu oleh Ahmad Susanto dan Bayu Firmansyah.

II - TENTANG PEMBUATAN FILM

Karena tidak memiliki kamera SLR, kami memutuskan untuk menggunakan kamera digital. Namun di hari H tiba-tiba kamera yang seharusnya dipakai ternyata sedang rusak. Sehingga memaksa kami untuk memakai opsi terakhir, yaitu kamera HP tanpa bantuan tripod untuk kestabilan gambar.

Saya yang mengarahkan dan memberi pertanyaan, sedangkan kedua teman saya memegang kamera dan meminta izin orang-orang yang bersedia untuk di interview.

III - TENTANG EDITING DENGAN SOFTWARE

Saya tidak memiliki pengalaman dalam editing video, namun karena tidak ada yang inisiatif untuk menawarkan diri, akhirnya saya belajar editing sendiri dalam sehari penuh. Setidaknya saya bisa mengedit beberapa foto dan memiliki pilihan dari ribuan musik yang ada, jadi hasilnya akan membantu.

Meskipun agak kecewa dengan pengambilan video yang 'shaky' dan audio yang 'berisik', setidaknya target durasi lebih dari 3 menit tercapai. Dan saya bangga akan hasil kerja saya sendiri meski masih sangat 'baru'.

1 komentar:

{ note.nong share } on: 22 Juni 2016 pukul 02.03 mengatakan...

Good job. Skill video, hanya butuh jam terbang. :)

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Rufi Imanisa, All rights reserved
Design by Rufimns. Powered by Blogger